Rabu, 27 Agustus 2008

PROFIL PK. PMII ARROSYID CABANG SURABAYA

PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya lahir 27 April 2008 yang diawali dengan pengiriman delegasi-delegasi disetiap pelatihan formal PMII di Jawa Timur, baik MAPABA, PKD maupun PKL. Selama satu tahun, terhitung mundur dari Deklarasi PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya pada tanggal 27 April 2008. PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya merupakan Komisariat satu-satunya di wilayah Surabaya Barat, serta Komisariat satu-satunya yang berafiliasi langsung dengan dunia Pondok Pesantren yang memadukan antara tradisional dengan modern. 
Di samping itu, lokasi PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya dihimpit oleh dua perumahan elit (Pakuwan dan Citra Raya) yang penduduknya memiliki ekonomi yang mapan (kelas menengah keatas). Namun hal ini sangt berbalik dengan keadaan serba dualisme dari anggota PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya. Dualisme yang kami maksudkan adalah dualisme tanggung jawab, semisal anggota PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya disamping menjadi mahasiswa di STAI AR-ROSYID Surabaya, mereka kebanyakan adalah santri di Pondok pesantren Nyai Hj. Ashfiyah Surabaya, atau semisal anggota PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya disamping sebagai mahasiswa STAI AR-ROSYID Surabaya, mereka 90% adalah pekerja (kuliah sambil kerja dan berorganisasi).
Hal ini mungkin bagi kebanyakan mahasiswa atau anggota PMII di Surabaya atau bahkan di Indonesia merupakan hal yang luar biasa. Namun bagi kebanyakan mahasiwa atau anggota PMII Komisariat AR-ROSYID Cabang Surabaya merupakan kewajiban, coz mereka tidak akan pernah bisa kuliah kalau tidak bekerja. Ini merupakan realitas yang terjadi, bila ada gedung bintang, maka disampingnya akan ada gubuk reok rakyat jelata. Mungkin ini sebuah gambaran realitas yang terjadi.
"Siapa kamu?, dari mana kamu? keturunan siapa kamu?, yang pasti ya itulah kamu!" kata ini yang selalu menggema ditelinga mahasiswa STAI AR-ROSYID Surabaya ketika sang pendiri YPS AR-ROSYID almarhum KH. Shodiq Rusdy, SH dalam memberikan motivasi, karena beliau sendiri memang berasal dari keluarga ekonomi lemah, makanya tidak heran kenapa beliau membuat lembaga pendidikan yang memang diperuntukkan bagi masyarakat ekonomi lemah.  

2 komentar:

syarief's site mengatakan...

selamat dan sukses buat pmii ar-rosyid surabaya.
walaupun di tengah-tengah kondisi yang serba sulit, namun pmii ar-rosyid telah berhasil membawa angin perubahan terhadap way of thinking mahasiswa stai ar-rosyid khususnya dan seluruh santri ponpes nyai hj ashfiyah surabaya.

syarifudin
arief_57@yahoo.co.id

sugianto ayyub mengatakan...

indahnya kebersamaan saat bersama.menikmati setiap tantangan yang ada.berkibarlah PK.PMII arrosyid ku